Minggu, 02 September 2018

Metode Rhythm (Kesadaran Kesuburan)

Birth Control: Metode Rhythm (Kesadaran Kesuburan)

Apa itu kesadaran kesuburan?

Metode kesadaran kesuburan (FAM) adalah strategi keluarga berencana alami yang dapat digunakan oleh wanita untuk membantu mencegah kehamilan. Ini melibatkan pelacakan siklus alami kesuburan dan siklus menstruasi Anda, mengembangkan kesadaran yang lebih baik dari tubuh Anda, dan menggunakan berbagai metode non-farmasi untuk mendeteksi ovulasi.

Metode ritme adalah tempat siklus menstruasi Anda sebelumnya dilacak pada kalender, dan informasi ini digunakan untuk memprediksi tanggal ovulasi di masa depan. FAM menggabungkan metode ritme dengan lebih banyak perhatian pada tubuh untuk lebih memprediksi ovulasi dan mencegah kehamilan.

Dalam metode ritme dan dalam FAM, Anda menjauhkan diri dari seks (pantang berkala) selama hari-hari Anda yang paling subur. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan kontrasepsi cadangan pada hari-hari subur Anda.

Efektivitas FAM bervariasi tergantung pada kombinasi pelacakan yang Anda gunakan. Ada banyak cara untuk mencegah kehamilan yang lebih efektif daripada metode alami. Mereka melibatkan obat atau intervensi medis.

FAM adalah salah satu bentuk pencegahan kehamilan yang paling tidak dapat diandalkan. Tetapi ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengontrol kelahiran bagi beberapa wanita dewasa yang rajin dan sadar diri.
Bagaimana cara kerja metode kesuburan kesadaran?

Jika Anda seorang wanita dewasa premenopause, Anda kemungkinan besar akan subur dan hamil jika melakukan hubungan seks tanpa kondom beberapa hari sebelum atau selama ovulasi.

Ovulasi terjadi ketika indung telur Anda melepaskan telur. Ini terjadi kira-kira sekali setiap bulan, sekitar 12 hingga 16 hari setelah menstruasi. Hari tertentu di mana Anda berovulasi bergantung pada panjang siklus Anda. Ini sebagian besar dikendalikan oleh fluktuasi kadar hormon seks Anda.

Bagi sebagian wanita, fluktuasi ini cukup konsisten dari satu bulan ke bulan lainnya. Wanita lain memiliki siklus menstruasi yang lebih tidak teratur. Suatu periode terjadi 14 hari setelah ovulasi jika kehamilan tidak terjadi.

Begitu telur dilepaskan dari indung telur Anda, rentang hidupnya sangat singkat. Konsepsi hanya dapat terjadi jika dibuahi 24 hingga 48 jam setelah waktu ovulasi yang sebenarnya. Namun, sperma pria dapat tetap hidup dan layak dalam tubuh Anda hingga lima hari setelah ejakulasi. Jadi, mungkin untuk melakukan hubungan seksual hingga lima hari sebelum Anda berovulasi dan hamil sebagai hasilnya.

Realitas biologis ini berarti periode aktual kesuburan yang layak dapat berlangsung di mana saja dari lima hingga delapan hari bagi sebagian besar wanita. Secara umum, wanita paling subur selama waktu berikut:

    lima hari sebelum ovulasi
    hari ovulasi
    dalam 12 hingga 24 jam setelah ovulasi

Anda cenderung tidak hamil jika secara akurat mengidentifikasi masa subur Anda dan menghindari hubungan seks tanpa kondom pada hari-hari tersebut setiap bulan. Secara teoritis, ini akan mencegah sperma yang layak hadir di tuba fallopi Anda pada saat yang sama sebagai telur yang layak. Pada gilirannya, ini akan mencegah pembuahan dan pembuahan.

Dikatakan demikian, kesadaran kesuburan adalah salah satu metode kontrasepsi yang paling tidak andal. Beberapa metode pengumpulan informasi diperlukan. Gunakan metode kalender, metode suhu, dan metode lendir serviks untuk meningkatkan efektivitas FAM.
Bagaimana Anda bisa melacak siklus menstruasi Anda?

Siklus menstruasi setiap wanita berbeda. Untuk menggunakan FAM secara efektif, penting untuk menentukan kapan Anda berovulasi. Ada beberapa cara untuk melacak siklus ovulasi dan kesuburan Anda. Menggunakan kombinasi hal-hal berikut meningkatkan keefektifan dalam mencegah kehamilan.

Ini adalah beberapa metode umum yang dimasukkan ke dalam kesadaran kesuburan:

    Metode ritme kalender. Anda menggunakan siklus menstruasi sebelumnya untuk memperkirakan waktu ovulasi Anda. Ketika digunakan sendiri, ini adalah metode pengendalian kelahiran yang paling tidak dapat diandalkan. Ini harus dihindari jika siklus menstruasi Anda lebih pendek dari 26 hari atau lebih dari 32 hari.
    Metode suhu. Anda melacak suhu tubuh basal Anda (BBT) selama beberapa siklus dengan menggunakan termometer basil yang sangat sensitif untuk mengukur suhu Anda sebelum Anda bangun dari tempat tidur setiap pagi. Karena lonjakan hormon, BBT Anda naik tepat setelah ovulasi.
    Metode lendir serviks. Anda melacak warna, ketebalan, dan tekstur lendir serviks Anda untuk memantau kesuburan Anda. Lendir serviks Anda menjadi lebih tipis, licin, dan elastis saat Anda mengalami ovulasi. Melacak lendir serviks Anda akan membutuhkan latihan.

Metode symptothermal, di mana Anda menggunakan ketiga metode di atas bersama-sama, menjadikan FAM paling efektif. Anda harus melacak setidaknya 6–12 siklus menstruasi sebelum Anda mulai mengandalkan hanya FAM untuk kontrasepsi.

Sebaiknya Anda berbicara dengan dokter atau mengikuti kursus tentang kesadaran kesuburan sebelum memutuskan apakah FAM tepat untuk Anda. Mendidik diri sendiri tentang tubuh dan siklusnya. FAM membutuhkan investasi waktu dan usaha yang signifikan dan konsisten. Tetapi ini juga bisa menjadi pilihan yang bagus dan efektif bagi wanita yang bersedia menginvestasikan waktu dan pemahaman.

Seberapa efektifkah metode kesadaran kesuburan?

Efektivitas FAM tergantung pada:

    metode pelacakan kesuburan yang Anda gunakan
    seberapa teratur siklus menstruasi Anda
    seberapa andal Anda melacak siklus menstruasi Anda
    berapa lama Anda menjauhkan diri dari seks sekitar tanggal ovulasi Anda

FAM bisa efektif untuk pasangan yang selalu menggunakannya secara konsisten dan benar. Itu bisa sulit dilakukan. Di antara wanita yang menggunakan FAM secara tidak konsisten atau salah, hingga 24 dari 100 hamil setiap tahun, laporan Planned Parenthood. Itu menjadikannya salah satu metode yang paling tidak dapat diandalkan untuk mengontrol kelahiran yang tidak berpantang.
Apa manfaat dari metode kesadaran kesuburan?

FAM memiliki beberapa keunggulan. Misalnya, itu:

    biaya sangat sedikit
    aman digunakan
    tidak memerlukan obat
    tidak menghasilkan efek samping
    dapat dihentikan dengan mudah dan segera jika Anda memutuskan ingin hamil

Berlatih FAM juga dapat membantu Anda dan pasangan Anda belajar tentang kesuburan. Ini dapat membantu Anda hamil nantinya, jika Anda memilih demikian.
Apa kerugian dari metode kesadaran kesuburan?

FAM tidak melindungi terhadap infeksi menular seksual, seperti klamidia, herpes, atau HIV. Ini juga memiliki sejumlah kerugian lainnya. Sebagai contoh:

    Anda harus secara konsisten melacak siklus menstruasi Anda setidaknya selama enam bulan sebelum metode tersebut dapat dianggap dapat diandalkan.
    Anda harus pantang berhubungan seks atau menggunakan kontrasepsi cadangan selama hari-hari subur Anda.
    Kedua anggota pasangan harus terlibat dalam proses.
    FAM memiliki tingkat kegagalan yang lebih tinggi dibandingkan dengan banyak bentuk kontrol kelahiran lainnya, seperti kondom, diafragma, dan pil KB, patch, atau suntikan. Tetapi jika digunakan dengan benar, itu bisa sama efektifnya.

Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, FAM mungkin pilihan yang buruk untuk Anda. Bicarakan dengan dokter Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang opsi pengendalian kelahiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar