Minggu, 02 September 2018

Cara Menggunakan Kondom dengan Aman

Jika Anda mencari perlindungan terhadap kehamilan dan infeksi menular seksual (IMS) tanpa resep, kondom dapat menjadi pilihan yang baik untuk dijelajahi. Mereka bersifat diskrit, relatif murah, dan tidak melibatkan hormon sintetis apa pun. Kondom juga tersedia di kenyamanan terdekat atau toko obat Anda.

Apa kondom paling aman di pasar? Inilah yang perlu Anda ketahui.
Bagaimana Kondom Mencegah Kehamilan?

Kondom menciptakan penghalang antara Anda dan pasangan saat berhubungan seks. Ini mencegah kulit dan cairan Anda bersentuhan dengan kulit orang lain. Ini berarti bahwa mereka membantu mencegah kehamilan dan melindungi terhadap IMS juga. Kondom juga dapat digunakan dalam kombinasi dengan metode pengendalian kelahiran lainnya, seperti pil KB atau perangkat intrauterine (IUD), untuk memberikan perlindungan tambahan.

Ada dua jenis kondom utama.
Kondom Pria

Kondom pria dipakai pada penis untuk memberikan perlindungan selama seks oral, vaginal, dan anal. Mereka biasanya terbuat dari lateks atau poliuretan. Mereka tersedia dilumasi atau tidak dilumasi, demikian juga dengan spermisida atau tanpanya. Masing-masing akan dikenakan biaya sekitar $ 1, dan ada banyak pilihan. Mereka bervariasi berdasarkan faktor-faktor seperti:

    ukuran
    bentuk
    warna
    bumbu

Ketika digunakan dengan benar, kondom pria melindungi terhadap kehamilan 98 persen dari waktu. Seperti halnya metode pengendalian kelahiran, efektivitasnya terkait dengan penggunaan. Dengan penggunaan tipikal, efektivitas kondom laki-laki turun menjadi 82 persen.
Kondom Perempuan

Kondom wanita cocok di dalam vagina atau anus. Mereka biasanya terbuat dari poliuretan atau nitril. Mereka umumnya lebih mahal daripada kondom pria. Masing-masing biaya sekitar $ 4, meskipun opsi modern telah turun harga. Dibandingkan dengan kondom pria, tidak ada banyak pilihan untuk kondom wanita.

Kondom perempuan 95 persen efektif jika kondom selalu digunakan dengan benar. Namun, kondom wanita sekitar 79 persen efektif dengan penggunaan tipikal.
Yang Kondom Terbaik dalam Mencegah IMS?

Kondom pria terbuat dari lateks, poliisoprena, dan poliuretan adalah perlindungan terbaik Anda terhadap IMS yang disebarkan oleh cairan. Ini berarti kondom dapat melindungi terhadap:

    HIV
    klamidia
    gonorea
    sipilis

STI lain, seperti herpes dan kutil kelamin, menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit. Tergantung pada daerah yang terkena, ini mungkin tidak sepenuhnya tertutup oleh kondom.

Kondom wanita memberikan beberapa perlindungan IMS, tetapi lebih banyak penelitian diperlukan untuk sepenuhnya menilai efektivitas mereka. Kondom wanita tidak begitu efektif dalam memblokir penyakit sebagai kondom pria.

Meskipun sekitar 80 persen kondom yang Anda temukan di toko terbuat dari lateks atau poliuretan, ada lebih banyak varietas alami. Penting untuk diperhatikan bahwa kondom yang terbuat dari kulit domba atau bahan alami lainnya melindungi terhadap kehamilan, tetapi mereka mungkin tidak sepenuhnya melindungi terhadap semua IMS. Ini karena bahan-bahan ini berpori dan memungkinkan penularan infeksi bahkan dengan penggunaan yang sempurna.

Jika Anda memiliki alergi atau alasan lain untuk tidak menggunakan lateks atau opsi plastik, bicaralah dengan dokter Anda tentang opsi pengendalian kelahiran yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
Kondom untuk Coba

Karena keefektifan kondom berkaitan dengan materi dan aplikasinya, merek tertentu tidak selalu lebih aman daripada yang lain. Berikut ini daftar beberapa kondom teratas dan positifnya.
Trojan ENZ

Kondom Trojan ENZ adalah kondom berpelumas yang terbuat dari lateks, dan itu adalah buku terlaris Amazon. Ini membanggakan desain klasik dengan tip reservoir untuk keamanan tambahan terhadap tumpahan dan menambah kesenangan. Kondom ini adalah pilihan tanpa embel-embel jika Anda mencari perlindungan sederhana terhadap kehamilan dan IMS.
Durex Extra Sensitive

Kondom Durex Extra Sensitive adalah ultrathin dan dilapisi dengan pelumas ekstra untuk sensitivitas tertinggi. Peninjau berbagi bahwa kondom ini bertahan dengan baik bahkan untuk waktu yang lama. Yang lain menjelaskan bahwa kondom ini cocok, tidak terlalu ketat, dan memberikan perlindungan yang unggul.
SKYN LifeStyles

Ada beberapa varietas kondom LifeStyles SKYN, termasuk asli, ekstra pelumas, dan terasa intens. Merek ini mengiklankan bahwa kondom ini adalah “hal yang paling dekat untuk tidak mengenakan apa-apa,” dan itu adalah kondom berkualitas tinggi pertama yang terbuat dari poliisoprene. Kondom "intens feel" memiliki kancing yang mendalam dalam pola gelombang untuk memaksimalkan kesenangan.
Trojan Her Pleasure

The Trojan Her Pleasure Sensations, kondom lateks diikat dan dikontur untuk meningkatkan pengalaman wanita saat berhubungan seks. Para pengulas membagikan bahwa mereka tetap tinggal dan merasa alami. Lainnya melaporkan bahwa mereka memiliki pas nyaman dan datang dengan jumlah pelumas yang baik.
FC2 Female Condom

FC2 Female Condom adalah kondom wanita paling terkenal di pasaran. Ini terbuat dari poliuretan, yang sangat bagus untuk siapa saja yang memiliki alergi lateks. Peninjau wanita menceritakan bahwa ketika kondom dimasukkan dengan benar, sangat nyaman dan tidak tergelincir. Peninjau laki-laki berbagi bahwa sensasi mereka dengan kondom ini mirip dengan tidak memakai apa pun sama sekali.
Cara Menggunakan Kondom dengan Benar

Efektivitas kondom sangat bergantung pada penggunaan yang tepat, jadi penting untuk mempelajari teknik yang baik. Terlepas dari jenis kondom yang Anda pilih, kondom adalah perangkat untuk satu kali penggunaan saja. Setelah selesai menggunakannya, buang ke sampah. Gunakan yang baru setiap kali Anda melakukan hubungan seksual.
Cara Memakai Kondom Pria

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengenakan kondom pria:

    Buka paket dengan hati-hati. Jangan gunakan gigi Anda, karena mungkin merobek atau merobek kondom.
    Jepit bagian atas kondom dengan jari-jari Anda untuk meninggalkan ruang untuk ejakulasi.
    Letakkan kondom di atas penis yang sedang ereksi, lalu perlahan-lahan lepaskan gulungan itu ke bawah dengan tangan Anda yang lain.
    Pertimbangkan untuk menambahkan pelumas berbasis air untuk melindungi dari terlalu banyak gesekan.
    Setelah berhubungan, pegang pangkal kondom saat Anda melepaskannya untuk mencegah tumpahan dan tergelincir.

Cara Memakai Kondom Wanita

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengenakan kondom wanita:

    Buka paket dengan hati-hati. Jangan gunakan gigi Anda, karena dapat merobek atau merobek kondom.
    Peras cincin pertama kondom dan masukkan sepenuhnya ke dalam vagina seperti yang Anda lakukan pada tampon.
    Jaga cincin kedua di luar vagina sekitar satu inci. Ini akan menutupi vulva.
    Setelah hubungan intim, peras cincin luar saat Anda dengan lembut menarik kondom keluar.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kondom Beristirahat

Jika kondom pecah, yang penting adalah tetap tenang. Bicarakan dengan pasangan Anda tentang potensi langkah selanjutnya.

Jika Anda khawatir tentang kehamilan dan tidak pada jenis pengendalian kelahiran yang lain seperti pil, Anda dapat mengunjungi apotek setempat dan mendapatkan kontrasepsi darurat seperti Plan B One-Step. Ini tersedia tanpa resep, identifikasi, atau batasan usia. Ini mencegah sekitar tujuh dari delapan kemungkinan kehamilan. Pil ini harus diminum dalam waktu tiga hari agar paling efektif.

Anda juga dapat menjadwalkan pertemuan darurat dengan dokter Anda untuk memasukkan alat kontrasepsi dalam rahim (IUD). IUD lebih dari 99 persen efektif mencegah kehamilan ketika dimasukkan hingga lima hari setelah kegagalan kontrasepsi.

Kontrasepsi darurat tidak melindungi terhadap IMS. Jika Anda berpikir Anda mungkin pernah kontak dengan seseorang yang positif STI, Anda harus mengunjungi dokter Anda sesegera mungkin untuk diuji.

Banyak IMS tidak menunjukkan gejala apa pun pada awalnya, jadi Anda mungkin tidak langsung tahu apakah Anda mengidapnya. Bahkan jika Anda tidak memiliki gejala, Anda dapat meneruskan IMS pasangan seksual lainnya.

Gejala-gejala klamidia dapat meliputi:

    buang air kecil yang menyakitkan
    sakit perut
    pembuangan yang tidak biasa
    bercak antar periode pada wanita
    nyeri testis pada pria

Gejala-gejala gonore dapat meliputi:

    debit yang tidak biasa
    sensasi terbakar saat buang air kecil
    nyeri dengan gerakan usus
    anal gatal

Gejala-gejala trikomoniasis dapat meliputi:

    debit yang tidak biasa
    gatal dan iritasi di sekitar dan di sekitar alat kelamin
    sakit saat berhubungan seks
    nyeri saat buang air kecil

Gejala-gejala HIV dapat meliputi:

    demam
    sakit kepala
    sakit tenggorokan
    kelenjar getah bening yang membengkak
    kelelahan

Hubungi dokter Anda hari ini jika Anda memiliki gejala-gejala ini atau memiliki alasan untuk khawatir.
The Takeaway

Kondom murah, tersedia, dan sangat efektif untuk mencegah kehamilan dan melindungi terhadap IMS. Karena bahan alami seperti kulit domba keropos, gunakan opsi lateks atau poliuretan untuk perlindungan yang lebih baik terhadap IMS. Terlepas dari apa merek atau jenis yang Anda pilih, selalu luangkan waktu untuk menggunakannya dengan benar.

Meskipun menggunakan kondom adalah cara terbaik untuk melakukan seks yang aman, ada banyak pilihan lain yang tersedia juga. Berbicaralah dengan pasangan Anda tentang apa yang berhasil untuk hubungan dan gaya hidup Anda. Beberapa pasangan memilih untuk menggunakan metode cadangan, seperti pil KB atau IUD, bersama dengan kondom untuk perlindungan tambahan. Dari sana, Anda dapat bereksperimen dengan berbagai jenis, gaya, dan ukuran kondom untuk menemukan apa yang terasa dan bekerja paling baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar